Breaking News
Loading...
Friday, October 30, 2015

Info Post
Bogor minta hujan

Bogor minta hujan, kalau baca judul artikel ini, mungkin ada kawan kawan yang gak yakin, karena selama ini Bogor identik dengan kota hujan. Kalau ada saudara atau teman yang main ke Bogor, biasanya ada dua pesan yang kami sampein, Jangan lupa bawak oleh oleh makanan khas bogor kalau mau pulang nanti"  pesan satunya lagi  “jangan lupa bawak payung, disini hujannya kayak makan obat aja, kadang pagi, siang atau sore menjelang malam hari”. 

Itu kondisi cuaca normal, namun tahun ini cuaca bedah sama sekali dengan tahun kemarin. Tahun kemarin bulan agustus saja sudah musim hujan, tahun 2015 ini sampai di penghujung Oktober 2015 masih kemarau hampir di seluruh Indonesaia tak terkecali Bogor. Walaupun beberapa minggu yang lalu di Bogor sempat hujan, selama dua hari berturut-turut namun kemudian kering lagi

Itulah Cuaca, sudah tidak ada keteraturannya lagi sekarang ini, dulu orang-orang tua sudah bisa memperkirakan  kalau bulan berakhir ER, biasanya sudah musim hujan lebat, biasanya September – Oktober – November – Desember itu puncak-puncaknya musim hujan. Tapi sekarang cuaca sudah berubah.  

Disini lah, kalau Allah sudah berkehendak segala sesuatunya bisa terjadi, Allah yang memiliki alam dan seisinya, Allah yang mengatur segalanya. Kalau ada segala sesuatu permasalahan, Kita harus minta kepada Allah SWT, jangan ke yang lain.. Untuk permasalahan kemarau agar berhenti dan segera turun hujan caranya dengan Shalat Istisqo, jangan dengan taruk Lidi di colokin bawang merah, kemudian di tanam di dekat rumah, katanya supaya hujan turun...heeeee..


Bersama Ketua MUI Bogor, Walikota Bogor, Dandim & Kapolresta Bogor
Doa & Dzikir bersama Walikota Bogor, Dandim & Kapolresta Bogor
  
Shalat Istisqo merupakan  ibadah umat muslim yang bertujuan dan berdoa meminta turunnya Hujan dikarenakan musim kemarau yang panjang.

Menyikapi hal tersebut Pemkot Bogor, bekerjasama dengan Dandim 0606 Suryakencana Bogor, Danrem Bogor, Polres Bogor, Majelis Ulama Bogor, Ormas-Ormas Islam yang ada di Bogor (BPPK Banten – Bogor, Mujahidin dan lain-lainnya), juga perwakilan masyarakat yang bermukim di  Lebak Kantin, Sempur, Bantar Jati dan Kelompok-kelompok pengajian mengadakan Shalat Istisqo.

Shlat Istisqo dilaksanakan Jumat 30 Oktober 2015 dimulai pukul 13.30 sd 14.30 WIB bertempat di Lapangan Sempur Bogor, acara didahului dengan Pembacaan Zikir dipimpin Ketua MUI Bogor, dilanjutkan Shalat Istisqo (dua rakaat) dan Ceramah.

 
Shalat Istisqo



Syaf dari TNI, Polri, Ormas & Masyarakat Umum

Syaf  Wanita

Alhamdullilah Shalat Istisqo ini dimakmumi lumayan banyak jemaah dari berbagai kalangan masyarakat sipil, TNI dan Polri. Dengan suasana khusu’ dan iklas mereka melaksanakan ibadah ini, walau lokasi di dekat jalan raya gak jauh dari Kebun Raya Bogor. 

Allhamdullilah sekali lagi, gak lama setelah Shalat Istisqo sekitar jam 16.00 WIB sore hari, cuaca di langit Bogor sudah mulai mendung, perlaha-lahan semakin gelap, dan disusul dengan turunnya hujan, lambat-lambat semakin lama semakin deras, membasahi bumi Bogor “Beriman”  “Bersih Indah & Nyaman”..hehehehehe selogan zaman Orba ya.. Hujan deras sekitar 1 jam.


Innamaa Amruhui dza araada  syai-an  ay yaquula lahu  Kun Faya Kuun .
Sesungguhnya semua urusan (perintah), Apabila Allah kehendaki segala sesuatunya , Allah hanya berkata "Jadilah, maka terjadilah"..
.(Surah Yaasin, Ayat 82)



Hujan deras sekitar 1 Jam
                                 
Hujan ini menghilangan debu-debu di Bumi Bogor, menghilangkan dahaga tanaman-tanaman, dan InsyaAllah mulai mengisi rongga-ronga bumi dan dapat mengisi sumur-sumur.

Air hujan mengalir sampai jauh
Semoga hujan tadi mengawali musim hujn di Bogor, menggantikan musim kemarau yang cukup panjang di tahun 2015 ini.

Juga turut prihatin melihat nasib sodara, sahabat, teman-teman yang tinggal di P.Sumatera dan P.Kalimantan masih bergulat dengan Kabut Asap, titik api belum juga padam, hujan belum datang. 

Mudah-mudahan dengan usaha dan Shalat Istisqo bersama disana  segera turun hujan juga. Titik-api yang menyala padam, menghilangkan penderitaan, dan membatalkan rencana  mengungsi ke kota-kota lainSemoga kebahagian turun nya hujan di Bogor kali ini, juga dirasakan di sana...Aamiin YRA.

End of October 2015
CU



23 comments:

  1. Subhanallah, do'anya langsung dikabulkan ya mas... Padahal semua daerah lagi pada kekeringan, merata kemaraunya, Tapi di sana sudah di kasih rezeki hujan... Shalat istisqo manjur sekali untuk memohon agar di turunkan hujan...
    Kalau broadcast BBM agar menaro air garam di dalam ember itu hanya mitos ya...Soalnya saya dapat dari teman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah dgn izin Allah hujan turun sesaat stlh Shalat Istisqo..InsyaAllah ini pertanda Musin Hujan gak lama lagi dateng...Iya Bc ttg Air seember sebenarnya sdh ada sanggahan dari BMKG tidak logis caaranya,,,coba aja jemur air seember bisa hbs gak nguap sehari...dgn permukaan kecil seember,,,kuacuali permukaan luas kayak Se Kolam/Empang" bisa hbs nguap airnya...

      Delete
  2. Subhannallah...dalam tempo hanya berselang satu jam permohonan warga Bogor pada Allah Ta'alla akan turunnya hujan langsung di ijabah, semoga Bogor sebagai kota hujan semakin segar dan sejuk kembali seperti saat saya berkesempatan jadi bagian dari Unpak...aaamiiiin
    bulan lalu malah sempat jadi pengawas renovasi Istana Bogor loch kang, dan Ruang terbuka Hijau Jl. Heulang yang sekarang masih dalam pembangunan, juga disitu sempat beberapa lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...Iya Kang dgn izin Allah, hujan turun, .wah Alumni Unpak ya...rmh saya ada jalan pintas ke Unpak tu...Wah mantaps ya bisa turut kontribusi pembangunan Bogor...thanks

      Delete
  3. Alhamdulillah ya Pak sudah turun Hujan di Bogor, kalo Karawang mah sampai sekarang blm ada hujan Pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah Kang Eka...coba himbau Muspika Karawang dn masyarakat tuk Shalat Istisqo juga..(maaf kalau sudah dilakuin Shalat Istisqo ya)...bagian dari usaha mendatangkan hujan di Karawang.

      Delete
  4. subhanalloh langsung di jabah.
    alhamdulillah sudah 2 hari di saya turun hujan
    meski hanya sebentar tapi bisa memebersikan genteng dari debu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah Mang Aduls....Bogor sudah hujan deras lagi...tuk menghapus dahaga tanaman, membersihkan jalan,,,membersihkan genteng..juga tuk ngisi sumur-sumur waga yg sempat kering....

      Delete
    2. alahamdulillah mungkin sekarang sumur - sumur sudah penuh ya mas. di saya meski hujan sudah turun air bersih masih langka.

      Delete
    3. betul Mang Aduls....mudah-mudahan sesuai ramalan BMKG juga kalau Musim Hujan diperkirakan awal November ini...shg sumur jadi full air lagi....moga di tempat Mangs Aduls juga ful air gak lama lagi.

      Delete
  5. alhamdulillah di Padang udah turun hujan setelah kemaren warga melakukan shalat Istiqa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy...Alhamdullill juga bersyukur kemarin dn hari ini juga hujan lagi di Bogor

      Delete
  6. mun di Jakarta mah beLum kebagian nih, semoga menuLar dari Bogor terus Langsung ke Jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tadi pas ada talk dgn Kasie di BMKG memang diprediksi hujan msh di wilayah Selatan Jawa Barat..belom mampir Jakarta.. mungkin gak lama lagi Jkt juga hujaan

      Delete
  7. Alhamdulillah.. seneng bacanya. :')
    tahun lalu sempat main ke Bogor pas Agustus ampun panas banget..
    Pas desember main lagi Alhamdulillah udah ujan, malah agak besar.
    di Bandung sendiri sempat hujan sehari beberapa minggu yg lalu. abis itu belum turun lagi sampe detik saya menuliskan komen ini..
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...InsyaAllah awal November sdh mulai musim hujan itu info dr BMKG..heee

      Delete
  8. Alkhamdulillah....selamat menikmati hujan sebagai karunia Allah yang luar biasa dinanti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah...sumur jadi terisi air lagi...

      Delete
  9. subhanallha, mahaa suci Allah, semua doa dan sholat langsung di ijabahkan oleh Allah, semoga rahmat selalu dicurahkan kepda kita semua,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilh banget Doa dan Sholat Istisqo Urang Bogor diijabah Allah....Kun Fayaa Kun...kalau Allah sdh menghendaki bisa terjadi.

      Delete
  10. Alhamdulillah ya turun hujan 1 jam.. di Aceh Alhamdulillah juga mulai sering hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah...Ahmad... sudah pulang ke Aceh ya..?

      Delete