Gesekan x Emosi = Insiden, rumus apa ini, gimana
ngejumlahnya kalau dijadikan angka-angka..? Heheheheeee.
Padahal
rumus tersebut sudah realita dijaman sekarang ini. Gesekan terjadi bila terjadi benturan
kepentingan.
Gesekan
terjadi juga dapat disebabkan karena kesalah-pahaman. Yang paling sering
gesekan terjadi karena memperebutkan REJEKI
Tak
pelak lagi dikehidupan kita sehari-hari sering terjadi, apa lagi yang tinggal
di lingkungan padat penduduk dan rumah berdempetan, karena sulitnya beradaptasi
dengan lingkungan seperti itu menimbulkan emosi tinggi dan temperamen keras.
Sering
terjadi anak-anak bermain bersama-sama, terus ada perselisihan sedikit, antar
anak-anak, entah karena masalah permainan yg sedang mereka lakukan, atau
masalah adu mulut biasa. Tapi kalau orang
tua sudah ikut campur, jadi runyam urusannya. Bisa terjadi gesekan antar tetangga.
Saat ini sering terdengar berita adanya gesekan antara "Go-Jek vs Ojek Pangkalan”, dikarenakan rebutan penumpang, rebutan mencari REJEKI.
Sudah
beberapa kali ada gesekan antara "Go-Jek vs Ojek-Pangkalan” di Jakarta dan Bandung, sementara
di kota-kota lain belum ada Go-Jek.
Kamis
22 Oktober 2015 lalu. Terjadi gesekan yang menimbulkan insiden antara “Go-Jek
vs Ojek Pangkalan” di Jalan Manisi Bundaran Ciburu. Disebabkan hal yang sepele,
akibat terjadi kesalah-pahaman yang menimbulkan pemukulan terhadap pengemudi Go-Jek)..
Informasi
yang beredar ada pengemudi Go-Jek yang mengantar penumpang di Jl.Manisi wilayah
ojek-pangkalan, penumpangnya seorang perempuan, tapi kemudian suaminya ikut
mengantar, sesampainya di wilayah ojek pangkalan terjadilah insiden
pemukulan menimpa pengemudi Go-Jek oleh Ojek-Pangkalan. Padahal
penumpangnya bukan dari wilyah ojek pangkalan.
Namun
untung lah, Polisi sigap bertindak, insiden ini cepat diselesaikan, tidak
berkembang lebih lanjut.
Tak
urung insiden ini masuk berita di media TV dan koran-koran lokal da nasional.
Kalo
kita tilik kemungkinan akar masalahnya adalah persaingan antara Ojek-Pangkalan
terhadap Go-Jek. Persaingan bisnis, persaingan menyediakan layanan prima.
Persaingan untuk mendapatkan REJEKI.
Go-jek
sudah dilengkapi aspek legal (perizinan), sudah menggunakan aplikasi IT, sudah
ada keseragaman harga sewa mengantar penumpang, dilengkapi dengan seragam.
Sementara Ojek-Pangkalan cuman mengandalkan Sepeda Motor saja tanpa prosedur baku...heeee..
“Walikota Bandung (Ridwan Kamil) dan Guburnur
DKI (Ahok) pun mendukung keberadaan Go-Jek ini, karena sampai saat ini kondisi
transportasi umum masih belum ideal, keberadaan Go-Jek sangat membantu
masyarakat. Mereka juga menghimbau agar Ojek-Pangkalan bisa meningkatkan kualitas
pelayanan”.
Kedepannya semoga
ada langkah-langkah strategis dari kedua orang no satu di Bandung dan Jakarta ini untuk mediasi supaya tidak terjadi lagi
Gesekan antara Go-Jek vs Ojek Pangkalan.
Gesekan
tetap akan ada selagi belum ada kesadaran diri, toleransi diri dan tingkat
kesabaran dalam hidup berdampingan. Sifat-sifat itu semua ada melekat di Hati kita.
Yoo, mari jagalah
hati senantiasa tulus, kalau kata Aa Gym ‘Jagalah Hati jangan kau nodai”.
Pada
salah satu hadist Rasullullah SAW bahwa“Sungguh dalam
jasad ada sekerat daging, Jika dia baik,
maka akan baik seluruh jasad, dan sebaliknya jika buruk, maka seluruh jasad akan
buruk, sekerat daging itu adalah Qolbu (Hati) (HR Bukhari Muslim).
Sehingga jangan
takut tidak memperoleh rejeki, tapi takutlah tidak punya SYUKUR tatkalah sudah
mendapat rejeki, tapi takutlah tidak punya SABAR, ketika rejeki itu tertunda,
juga takutlah tidak punya RIDHA ketika Allah SWT mengambilnya kembali.
Percayalah
Rejeki dari Allah SWT tidak khan pernah tertukar.
Jadi
janganlah gentar menghadapi hidup ini.
Kalau
begitu Rumus Gesekan x Emosi = Insiden, bisa Kita utak atik dong ?
Masih
pada ingat kan kalau perkalian antara bilangan, bila salah satunya NOL, maka
hasilnya akan NOL juga khan, jadi bila :
O Gesekan x Emosi = O Insiden
Jadi
jangan sampai ada Gesekan supaya tidak terjadi Insiden.
Gesekan x 0 emosi = 0 Insiden
Kalo
sudah terlanjur ada Gesekan, hilangkan Emosi dengan Kesabaran, maka tidak akan
terjadi Insiden.
Good
Luck
Kemarau 2015
Kalau ngomongin masalah 'gesekan" saya no coment dah kang... heheh
ReplyDeletetapi yang jelas kalau udah pad saling ngerti bahwa tentang konsep datangnya sebuah rezeki maka gak perlu ada lagi 'gesekan".... gak perlu lagi rebutan atau ribut - ributan :)
Realita di lapangan gesekan sering terjadi karena faktor ekonomi (mencari rejeki/mencari nafkah), coba mereka berpikiran kalo rejeki gak khan kemana...rejeki sdh diatur Allah SWT, jadi aman dan kondusif ya..
Deletesaya ikutan no apa ya mas :)
DeleteKang Mukhlis.....dibawah kali ya..heeeeee
Deletehaha, macet td jalannya mas sampe dapat kursi dibawah
DeleteHahahhah.....heeee
DeleteSeandainya mereka sadar kalau rezeki itu udah diatur masing-masing dan gak akan ketuker,,,pasti gak ada kejadian seperti itu,,,
ReplyDeleteIya bener mas....krn emosi yg dikedepankan bukannya kesabaran dlm mencari rejeki....rejeki Allah tdk akan tertukar kok...salam
DeleteFaktor ekonomi memang paling renan terjadi gesekan, entah itu di keluarga maupun di masyarakat umum. Sebenarnya seperti apa yang telah diuraikan di atas, semuanya kembali ke sekerat daging, apabila sekerat daging itu bisa ikhlas, niscaya gesekan dapat diminimalisir.
ReplyDeleteiya mas....semua kembali ke hati....kalau sabar dan syukuur...tawakal ..rejeki itu sdh ada yang ngatuur...percaya itu
DeleteMaaf saya panggil mas..pas saya komen heeee blog Jeng Yuni...heee..
DeletePadahal ojek pangkalan sudah di ajak semua oleh pihak gojek, namun berbagai alasan di tolak... tapi masih aja saling menyalahkan... memang rezeki itu sudah diatur, tapi tidak harus terjadi pertengkaran... sekarang gojek juga tidak seperti dulu, banyak driver yang mengeluhkan kurangnya order, karena tidak dapat order dari pusat...
ReplyDeleteIya...kalo mrk saling ada pengertian tdk khan terjadi pertengkaran....sepi order mungkin sdh bertambah banyak pengemudi Gojek nya...jadi harus terbagi ordernya...yaaa
Deletetinggal bagaimana usaha kita menjemput rejeki-Nya, tapi tidak dengan kekerasan.
ReplyDeletesemoga saja pihak-pihak terkait bisa segera menyelesaikan masalah gesekan antara ojek & gojek ini ya pak. salam kenal salam kunjungan.
padahal sdh dijanjikan Allah SWT tuk rejeki Kita,, asal berusaha,,sabar dan syukur kalo sdh dpt rejekinya...infof nya permasalahan antara Gojek & ojek pangkalan sdh ada kepedulian dari Gub DKI & Walkot Bandung..
DeleteKepercayaan pelanggan diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan itu bakal bikin pemakai jasa betah, gak kepangkalan juga bakalan diajakin kerjasama. misalnya: ibu-ibu minta anaknya dijemput disekolah.. Contoh bahwa rejeki sudah diatur, tidak akan tertukar 1 senpun :)
ReplyDeleteAda istilah dulu "Ada barang ada kualitas, maka ada harga mengikutinya:". ini kadang-kadang cuman nuntut kerjaannya aja tdk memperbaiki kualitasnya...heeee iya khan
DeleteKesadaran bahwa rezeki sudah diatur oleh-Nya itu penting sekali ya, Pak. Tinggal kita berusaha sungguh menjemput rezeki itu. Bukan menyalahkan orang lain lalu menuduh merebut rezeki kita.
ReplyDeleteIya ada sebagian orng bisa nya menuntut aja tanpa introspeksi dulu..gak nyadar ya..
Deletemungkin harga gojek lebih murah mas dan pelayanan lebih bagus jadi pada pakai gojek, itu mah ojek pangkalannya aja yang ga bisa pakai sistem jasa.harusnya dimurahkan dan pelayanan ditingkatkan karena hasil insiden itu tidak bisa membuat orang pindah malah gamau sama ojek pangkalan nantinya.alias pencemaran nama baik ojek pangkalan :)
ReplyDeleteIya bener banget...ojek pangkalan merusak diri sendiri ya...
Deletebukan diri sendiri saja mas tapi citra ojek pangkalan juga :)
Deleteitu tu....nama ojek pangkalan secara umum jadi kurang baik
Deleteternyata masalah gesekan itu ada rumus rumus tersendiri ya mas :) diamankan dulu mas
ReplyDeleteheheheehhe...iya menurut pak Ustad...di kehidupan kita ini kalu di analogi kan ke matematik...semua ada rumus nya...iy gak ?
Deletehahaha, saya mah teringat ke fisikanya mas agus :)
DeleteFisika ala Blogger...
Deleteemang yang namanya rezeki udah di tentukan alloh, mungkin para ojek biasa merasa tersaingi sehingga terjadinya insiden gesekan. sebaiknya sih kalo menurut saya ojek pangkalan lebih di tingkatkan lagi pelayanan nya jadi engga kalah saing sama gojek,
ReplyDeleteItulah dilema Ojek pangkalan...bukannya memperbaiki pelayanan supaya penumpang gak pindah ke lain hati...heeee..malah ngajak musuhan dg Go-jek yang lbh profesional.
DeleteMungkin perlu ada penyuluhan marketing untuk tukang ojek pangkalan. Misalnya, mereka bikin promosi ke arisan ibu-ibu atau perkumpulan lainnya, bagi-bagi nomer hape, bikin promosi harga khusus kalau jadi langganan ngantar anak ke sekolah selama sebulan penuh/nganter dari halte busway ke depan kantor di kompleks Mega Kuningan selama sebulan penuh, bikin harga diskon kalau beli di warung punya istri (misalnya ... ). Warung juga saingannya warabala, toko juga ada saingannya bisnis online. Memang semua harus ada usahanya.
ReplyDeleteNach itu sini lemahnya Ojek Pangkalan...krn mrk buta dgn Manajemen Usaha dan kagak peduli dgn Marketing Produk Jasa..maunya terima jadi ada Penumbang dgn Ongkos semua nya aja...memang perlu pembinaan dari Instansti terkait untum merobah pola pikir Ojek Pangkalan ini.. Thanks
Delete